Thursday, February 25, 2016

Tips Cara Mengenal Penyebab dan Mencegah atau Mengatasi Gejala Obesitas

Hi guys, kali ini saya akan share tentang apa itu Obesitas atau yang sering kita dengar berat badan berlebihan atau kegemukan. Sering kali kita dilanda rasa cemas dalam hal bentuk tubuh yang kurang proposional. Dari hal seperti ini membuat kita menjadi kurang percaya diri. Terlebih kita juga mengalami beberapa tekanan, yang membuat mental kita down. Oke deh guys, langsung saja saya beri penjelasannya mengenai tentang Obesitas. Dibaca rileks ya guys santai panjang lebar penjelasannya gak masalah kan? yang penting bermanfaat.

Obesitas




Mengenal apa itu Obesitas?
Kegemukan atau obesitas adalah suatu kondisi medis berupa kelebihan lemak tubuh yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan, yang kemudian menurunkan harapan hidup dan/atau meningkatkan masalah kesehatan. Obesitas/Kegemukan dapat meningkatakan peluang terjadinya banyak macam penyakit, khususnya penyakit jantung, sesak nafas atau asma, diabetes, kanker tertentu, apnea tidur obstruktif dan osteoartritis. Kegemukan adalah penyebab kematian yang dapat dicegah paling utama di dunia, dengan prevalensi pada orang dewasa dan anak yang semakin meningkat, sehingga pihak berwenang menganggap kegemukan sebagai salah satu masalah kesehatan masyarakat paling serius pada abad 21. Indeks dunia kesehatan pada tahun 2013, menjelaskan bahwa orang dengan kegemukan didunia memiliki prosentase yang cukup tinggi, dengan jumlah sekitar 2,1 miliar jiwa. Bahkan Indonesia termasuk urutan 10 besar dengan orang kegemukan berjumlah 40 juta orang atau setara seluruh penduduk Jawa Barat . Tidak seperti halnya di negara maju yang gemuk kebanyakan adalah laki-laki, maka di Indonesia yang gemuk kebanyakan sebagian besar adalah perempuan.
Cara Mengetahui Obesitas dari Indeks Massa Tubuh
Untuk mengetahui apakah seseorang menderita obesitas atau tidak, bisa dilihat dari Indeks Massa Tubuh atau IMT-nya. Seseorang dianggap menderita kegemukan (obese) bila indeks massa tubuh (IMT), yaitu ukuran yang diperoleh dari hasil pembagian berat badan dalam kilogram dengan kuadrat tinggi badan dalam meter, lebih dari 30 kg/m². Kalau IMT mereka sudah di atas 30/m2 pada laki-laki sebesar 9,16% dan 11,02% pada perempuan. Bila melebihi angka tersebut, bisa dipastikan orang tersebut menderita obesitas. Cara menghitung IMT adalah dengan membagi berat badan dalam kilogram dengan tinggi badan kuadrat, dalam ukuran meter. Ukuran BMI 18,5-24,9 dikategorikan sebagai normal, 25-29,9 masuk kategori overweight, sedangkan lebih dari 30 berkategori obesitas. Berikut klasifikasinya :
IMT Klasifikasi
< 18.5 berat badan kurang
18.5–24.9 normal
25.0–29.9 berat badan lebih
30.0–34.9 kegemukan kelas I
35.0-39.9 kegemukan kelas II
≥ 40.0 kegemukan kelas III

Penyebab Obesitas
Penyebab terjadinya obesitas pada individu per individu adalah kombinasi dari kelebihan asupan energi makanan serta kurangnya aktivitas fisik ini menimbulkan sebagian besar dalam terjadinya kegemukan. Dalam pola hidup kurang sehat bisa terjadi karena :

1. Pola Makan yang buruk
Dari pola makan yang tidak beraturan, serta kurang disiplinnya dalam menjaga asupan gizi dan dalam jumlah yang banyak menyebabkan kondisi tubuh kita menjadi kurang baik. Ditambah lagi kita mengkonsumsi makanan ringan dengan kadar kalori dan lemak yang tinggi mempengaruhi kondisi tubuh kita jadi buruk. Dengan asupan gizi yang buruk dapat menyebabkan banyak penumpukan zat-zat yang mengandung lemak dengan kadar yang tinggi. Sehingga tubuh kita bertambah dan akan semakin berat.

2. Kurangnya berolah raga/aktivitas tubuh
Kurangnya berolah raga adalah satu faktor penyebab terjadinya obesitas karena disebabkan kurangnya gerakan-gerakan pada tubuh. Sehingga kalori yang ada pada dalam tubuh kita tidak mengalami proses terjadinya pembakaran.

3. Riwayat keluarga mengidap Obesitas
Dalam istilah turun temurun dari keluarga yang sudah memiliki Obesitas. Akan memberikan dampak keturunan yang akan sama dengan Orang Tuannya. Bawaan sejak lahir merupakan turunan dari keluarga yang memang sudah mengidap Obesitas.

4. Obat/zat-zat kimia
Menggunakan obat atau zat-zat kimia yang berlebihan adalah sebagian faktor terjadinya Obesitas. Dikarenakan banyak kandungan-kandungan zat-zat kimia yang tidak dapat di netralisir oleh tubuh kita. Sehingga tubuh mengalami reaksi kimia yang berlebihan. Jika salah dalam aturan pemakaian obat dampaknya akan buruk bagi kondisi tubuh kita.

5. Tingkat psikologis
Memiliki banyak masalah dalam kehidupan baik dalam lingkungan keluarga, pekerjaan, dan relasi hubungan. Dapat meningkatkan rasa stress, depresi tingkat emosional yang tinggi. Salah satu Faktor dapat menyebabkan beberapa persen terjadinya peningkatan Obesitas karena dalam hal perasaan, pikiran yang terganggu oleh keadaan di sekitar.

Resiko dan Dampak Buruk Bagi Kesehatan
1. Masalah dalam pernapasan / paru-paru atau biasanya sakit Asma.
2. Tekanan denyut pada jantung yang tidak normal.
3. Diabetes
4. Tekanan darah tinggi
5. Kemungkinan kecil terkena Kanker tertentu
6. Tidak normalnya dalam kondisi istirahat/ susah untuk tidur.
7. Ketergangguan pada tingkat psikologis.

Cara Mengatasi dan Mencegah terjadinya Obesitas secara Alami :

1. Mengatur Pola Makan Secara Teratur
Mengatur pola makan secara teratur adalah hal utama untuk mencegah terjadinya peningkatan Obesitas pada tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat sesuai dengan porsi yang cukup serta gizi yang tinggi dapat mencegah Obesitas pada tubuh. Seperti Makan makanan 4 sehat 5 sempurna. Hindari makanan ringan yang mempunyai kadar kalori dan lemak yang tinggi. Di anjurkan untuk setelah makan tidak langsung tidur ya minimal kurang lebih 2-3 jam untuk memproses sisa-sisa makanan dalam tubuh.

2. Ber-olahraga Secara Rutin
Diperlukan olahraga secara rutin dan teratur. Melakukan kegiatan ber-olahraga adalah salah satu fungsi utama untuk menghindari Obesitas. Karena melakukan olahraga tubuh kita melakukan proses pembakaran kalori atau lemak. Sehingga lemak yang ada pada dalam tubuh tidak menumpuk. Namun perlu di perhatikan ketika dalam ber-olahraga harus sesuai dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Jika berlebihan akan memberi efek pada tubuh kita yaitu mengalami kelelahan/kondisi drop pada tubuh.

3. Banyak Beraktivitas dalam Kegiatan Sehari-hari
Gerakan tubuh melalui aktivitas sehari-hari baik dalam bekerja, melakukan bersih-bersih rumah merupakan salah satu cara mengatasi agar tubuh tetap bekerja dan dapat membakar kalori secara baik. Sebaiknya untuk mengisi waktu luang, kita dapat melakukan hal-hal/kegiatan yang menyenangkan seperti melakukan aktivitas pekerjaan rumah atau dengan aktivitas hobi yang menyenangkan.

4. Mengendalikan Kondisi Mood/Perasaan Psikologis
Dalam psikologi peran dari perasaan dan pikiran mempengaruhi kondisi tubuh kita. Perlu kita ketahui jika seseorang mengalami hal depresi/stress akan mempengaruhi kondisi tubuh yang sesuai dengan perasaan/mood. Sangat penting dengan adanya pengendalian perasaan kita dapat mampu mengontrol rasa keinginan kita.

Ok, guys itu sebagian dari penjelasan dan tips cara mengenal, penyebab, dan mencegah Obesitas pada tubuh manusia. Semoga bermanfaat ya guys. Hidup sehat itu menyenangkan kok guys..God Bless

4 comments:

  1. http://cat-airbrush.blogspot.co.id/2014/11/helm-kyt-berairbrush-tema-panda-ala.html

    ReplyDelete
  2. Numpang jemur artikel mas brai...

    ReplyDelete
  3. Terimaksih....Artikelnya manfaat gan...


    http://ndroidsurabaya.blogspot.co.id/2016/03/tempat-download-firmwarestock-rom-asus.html

    ReplyDelete