Thursday, February 18, 2016

Mengenal tentang apa itu 4g LTE ?

Hai guys..kali ini saya akan memberikan beberapa informasi tentang apa itu 4G atau LTE yang sering kita dengar akhir-akhir ini. Kita tahu teknologi di dunia ini sangat berkembang dengan maju pesat. Banyak para ilmuwan-ilmuwan di dunia ini sedang mengembangkan banyak teknologi, salah satunya adalah jaringan komunikasi internet. Seperti yang kita ketahui jaringan internet sangat berkembang pesat dari tahun ke tahun. Mulai dari kebutuhan sosial sampai kepentingan sistem keamanan negara semua menggunakan jaringan satu ini.
Langsung saja saya akan memberikan informasi tentang jaringan internet 4g/LTE. Di baca santai ya guys..




4g  ( fourth-generation technology)
LTE ( 3GPP Long Term Evolution)

4g merupakan singkatan istilah dari fourth-generation technology yang mengacu pada generasi ke empat dalam standard telephone celular. 4g merupakan pengembangan dari generasi sebelumnya 3g dan 2g. Sistem 4G mampu menyediakan jaringan pita lebar ultra untuk berbagai perlengkapan elektronik seperti smartphone maupun PC. Mulai di komersilkan di dunia oleh dua kandidat dengan standard untuk 4g yaitu, WiMAX (Korea Selatan sejak 2006) dan standar Long Term Evolution ( LTE ) (Swedia sejak 2009).

Mengenai teknologi 4g
Sistem 4G menyediakan solusi IP yang komprehensif di mana data, suara dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan di mana saja. 4G merupakan sistem berbasis IP terintegrasi tinggi. Ini akan mampu di capai setelah teknologi kabel dan nirkabel dapat di konversikan dan mampu menghasilkan kecepatan 100Mb/detik dan 1Gb/ detik baik dalam maupun luar ruang dengan kualitas premium dan keamanan tinggi. Setiap handset 4G akan langsung mempunyai nomor IP v6 dilengkapi dengan kemampuan untuk berinteraksi internet telephony yang berbasis Session Initiation Protocol (SIP). Semua jenis radio transmisi seperti GSM , TDMA , EDGE , CDMA 2G, 2.5G akan dapat digunakan, dan dapat berintegrasi dengan mudah dengan radio yang di operasikan tanpa lisensi seperti IEEE 802.11 di frekuensi 2.4 GHz & 5-5.8Ghz, bluetooth dan selular . Integrasi voice dan data dalam channel yang sama. Integrasi voice  dan data aplikasi SIP-enabled .

3GPP Long Term Evolution atau yang biasa disingkat LTE adalah sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi yang berbasis pada jaringan GSM /EDGE dan UMTS /HSPA. Jaringan antarmuka-nya tidak cocok dengan jaringan 2G dan 3G , sehingga harus dioperasikan melalui spektrum nirkabel yang terpisah. Teknologi ini mampu download sampai dengan tingkat 300mbps dan upload 75mbps. Layanan LTE pertama kali dibuka oleh perusahaan TeliaSonera di Stockholm dan Oslo pada tanggal 14 desember 2009. 3GPP Long Term Evolution, atau lebih dikenal dengan sebutan LTE dan dipasarkan dengan nama 4G LTE adalah sebuah standard komunikasi nirkabel berbasis jaringan GSM/ EDGE dan UMTS/HSDPA untuk aksess data kecepatan tinggi menggunakan telepon seluler mau pun perangkat mobile lainnya.

Mengenai teknologi LTE
LTE sudah mulai di kembangkan oleh 3GPP sejak tahun 2004. 3GPP LTE menjadi perwakilan kemajuan pesat dari teknologi jaringan internet. Dengan kemampuan yang melebihi dari koneksi sebelumnya LTE mampu memberikan data berkecepatan tinggi, multimedia unicast dan servis penyiaraan multimedia. Bahkan LTE di perkirakan tidak hanya dapat memberikan komunikasi kepada manusia saja, bahkan dapat juga menyambungkan mesin. Teknologi LTE secara teoritis menawarkan kecepatan downlink hingga 300 Mbps dan Uplink 75 Mbps. LTE menggunakan Orthogonal Frequency Division Mutiplexing (OFDM) yang mentransmisikan data melaului banyak operator spektrum radio yang masing-masing nya sebesar 180 kHz. OFDM melakukan transmisi dengan cara membagi aliran data menjadi banyak aliran-aliran yang lebih lambat yang di transmisikan secara serentak. 

Ini sedikit bagian dari beberapa pengertian tentang 4G LTE. Banyak dari informasi mengenai 4G LTE. Bahkan kita harus bangga salah satu penemu 4G adalah kebangsaan Indonesia. Semoga bisa membantu dan bermanfaat ya guys.

No comments:

Post a Comment